Sponsors

Laman

Memilih Program Windows untuk Mempercepat Loading Komputer

Komputer saat dihidupkan membutuhkan waktu yang lama, tentu menjengkelkan bukan? Apalagi kalau spek komputer biasa-biasa saja, akan menjadi lebih lama. Penyebabnya bermacam-macam (karena saya tidak tahu pasti,he he). Tapi jangan kuatir, untuk mempersingkat loading komputer, maka kita sebaiknya selektif dengan program saat startup, karena semakin banyak program yang diakses windows ketika pertama kali dihidupkan maka akan semakin lambat dan berat. Berikut pengalaman saya memilih program untuk startup.
Nah, untuk memilih/ melihat program saat startup caranya banyak, tapi yang mudah bagi pemula seperti saya yaitu :

  1. Pilih Start Menu – All Program – Startup. Nah program-program yang tidak penting saat komputer dihidupkan lebih baik dibuang, caranya klik kanan – pilih delete.
  2. Kalau ingin informasi lebih akurat, pilih Start Menu – Run, ketik msconfig kemudian enter atau Ok, tunggu sampai tampil System Configuration Utility, kemudian pilih Tab Startup. Semakin banyak program yang terinstall, maka file yang ada pada tab Startup juga akan banyak. Dan repotnya kadang berupa singkatan-singkatan yang susah dimengerti. Kalau belum paham sebaiknya jangan mengubah kecuali terpaksa, seperti karena jengkel komputer loadingnya lama,he he he. Yang bercentang berarti file/ program yang diakses pertama kali oleh system windows saat dihidupkan. Untuk menonaktifkan cukup menghilangkan centangnya saja. Cobalah hapus semua centang program yang ada, kecuali : ctfmon dan antivirus.
  3. ctfmon adalah bawaan Windows agar komputer bisa hidup, jadi harus termasuk program yang Startup (tidak tahu secara pasti cara kerjanya). Antivirus yang ada di komputer biarkan startup, mengingat sekarang semakin banyak variannya virus, worm, trojan dan lain-lain.
  4. Setelah anda memilih programnya, kemudian klik Apply, selanjutnya close / tutup jendela System Configuration Utility. Selanjutnya restart komputernya.
  5. Setelah komputer restart, jangan lupa ketika jendela System Configuration Utility muncul, beri centang Don’t show this message or launch System Configuration Utility when Windows Start. Tujuannya agar setiap kali komputer dihidupkan atau restart maka jendela tersebut tidak tampil lagi.
  6. Kalau perlu, catat perbedaan waktu sebelum dan sesudah anda melakukan perubahan dengan memilih program yang startup. Semoga sukses, kurang lebihnya silahkan kasih komentar.
Untuk Windows 7 program Windows tidak tampil, jadi yang terlihat adalah program selain Windows.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar